Selasa, 23 November 2010

About SE... udah pada tau belum???

CDA
type dari cda tersebut adalah sebagai data variant dari firmware ponsel tersebut. File tersebut yang mengizinkan SEUS (Sony Ericsson Update Service) ngetahui language pack, branding, bandlock, yang ada dalam ponsel tersebut, atau yang telah di flash kan ke dalam ponsel tersebut. Seperti contoh generic berarti CDA ponsel tersebut unbranded terbuka tidak mengidentifikasikan apapun, seluruh nya terbuka. Missal nya Scandinavia bertype CDA102337/12, bertype K750 telenor maka CDA nya CDA102338/62. kedua cda tersebut dapat di flash dengan menggunakan language pack yang sama, namun akan di flash kan dengan menggunakan firmware telenor.

BLUE, BROWN, RED = dari ke tiga warna tersebut tergantung dari ponsel yang kita miliki. BLUE baru dirakit oleh pabrikan, namun antara firmware, gdfs, imei, belum terprogram (tapi ingat imei tertanam dalam OTP (One Time Programable memory).
BROWN jenis warna tersebut mengartikan ponsel tersebut masih dalam tahap pengembangan, testing. Dan tidak di batasi. Karena ponsel tersebut di keluarkan dalam tahap percobaan

RED = berarti ponsel tersebut berstatus retail dan telah di kunci untuk area security nya.


GDFS
= area tersebut di sembunyikan oleh ponsel tersebut, dimana di dalamnya terdapat setting dan data calibrasi (mengizinkan berjalannya firmware imei resource seperti halnya simlock) dan terbiasa dengan berbagai macam type NVRAM (Non Viotile Random Acces Memory).

IMEI = International Mobile Equipment Identity, adalah 15 digit angka yang mengidentifikasikan ponsel original, model, dan
serial number dari ponsel tersebut

CMIIW
EMMA = Layanan software / solusi oleh SE garansi resmi. Dilindungi oleh EMMA smartcard untuk mencegah penggunaan yang tidak berlisensi/teknisi luar selain garansi resmi.. Versi sekarang adalah EMMA3, meskipun emma2 masih bisa di pakai (but kinda useless on newer phones). EMMA smartcard yang berisi algoritma EMMA yang memungkinkan untuk berkomunikkasi langsung untuk melakukan flashing/upgrede fimware resmi dr se..

pket ema



Service Update - tidak bisa buat unlock
Service Update Pro - tidak bisa buat unlock
Network Operator - tidak bisa buat unlock (but sure as hell can lock them ).
Service Center Std - tidak bisa buat unlock.
Service Center Rc - tidak bisa buat unlock, as they have a special version of the smartcard with a CSCA key.
Research & Development - tidak bisa buat unlock, as they have a special version of the smartcard with a CSCA key.

NVRAM kependekan dari Non-Volatile Random Access Memory. NVRAM adalah jenis RAM yang umumnya dipakai untuk menyimpan data/informasi biasanya berupa konfigurasi yang dihasilkan oleh firmware, seperti BIOS atau firmware-firmware lainnya jenis memory ini tidak akan kehilangan data walaupun tanpa tenaga/catu daya

EROM

area erom tersebut adalah bagian dari security sonyericsson dimana di dalam nya terdapat bootstrap dan certificate ponsel sony ericsson menunjukan sertificate tersebut terkunci atau tidak yaitu yang mengidentifikasikan red, brown, atau blue . Area erom tersebut menyimpan flash CID sebagai certificate identify yang berada pada secondari place dan sifat nya tidak otp (one time programing) atau dapat kita robah,


misalnya kita upgrade yang asalnya flash cid ponsel tersebut 52 dapat kita robah menjadi cid 53 tetapi hanya flash cid saja, sedangkan otp nya tidak tidak dapat di upgrade atau di robah karena berada pada area gdfs yang terkunci dan tidak dapat tersentuh oleh software thridparty atau software selain EMMA (EMMA = software resmi sonyericsson)


NVRAM
Non violate random accses memmory... area penyimpana yang tidak bersifat permanen tapi di sembunyikan sedangkan firmware tidak menghasilkan konfigurasi apapun sedangkan bios dan firmware jauh sekali hubungan nya bios lah yang menyimpan konfigurasi hardware. konfigurasi hardare tersebut di tulis dengan nilai yang di sebut values dan tersimpan dalam area GDFS.... sedangkan firmware hanya menjalankan berdasarkan nilai konfigurasi atau values yang di berikan oleh bios (basic input output system) atau pada ponsel sony ericsson itu GDFS. dan area basic input output system itu berada pada media penyimpanan yang bernama ROM (read only memmory)
bukan pada ram (random accses memmory)

Jenis CPU pada ponsel SonyEricsson

Security Pada ponsel sonyericsson, tergantung dari jenis chipset atau CPU yang di gunakan oleh ponsel tersebut.

Jenis dan type chipset dari ponsel sonyericsson tersebut adalah sebagai berikut :

Db2000 (dengan nama marita "full") terdapat pada ponsel sebagai berikut : z1010/v800/z800/w900/lg3g/sharp3g

Db2010 (dengan nama "marita compact") dan terdapat pada ponsel sebagai berikut : j300/k300/k500/k700/s700/k750.

Db2020 (dengan nama "marika") dan terdapat pada ponsel berikut : k610/k550/k790/k800/w850/w880/z610/well, .
Pnx5230 is inside z310,w350,w380,z555 .

Db3150 adalah ponsel generasi A2 seperti : k850,w910,w890,z750,etc

Db3210 is adalah versi selanjutnya dari A2 platform

Db3350 juga platform dari SEMC.